Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 2 Jan 2024 23:24 WIB ·

Terus Bergerak, MDMC Sumbar Kerahkan Tim hingga Bantuan Sembako untuk Korban Banjir Dharmasraya


 Koordinasi tim MDMC Sumbar dengan MDMC Dharmasraya serta Lazismu.(Ist) Perbesar

Koordinasi tim MDMC Sumbar dengan MDMC Dharmasraya serta Lazismu.(Ist)

Dharmasraya, Menaramu – MDMC Sumatera Barat terus turun ke berbagai daerah bencana di Sumatra Barat. Tidak hanya menurunkan tim rescue, namun juga tim kesehatan hingga menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak.

Awal tahun 2024, MDMC bersama Lazismu mengantarkan bantuan bagi korban banjir Dharmasraya, tepatnya di Nagari Abai Siat, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan tindak lanjut atas hasil assessment yang dilakukan saat banjir. Paket sembako, hygien Kit hingga air mineral disalurkan terhadap warga yang terdampak.

Seperti diketahui, banjir bandang melanda Kabupaten Dharmasraya pada 30 Desember 2023 lalu. Akibat peristiwa itu, 2 Nagari terendam banjir.

Wakil Ketua 1 Lazismu Sumbar, Elza Zikra Mualimin yang ikut turun ke lokasi menuturkan, ketika kejadian itu, tim Lazismu dan MDMC Dharmasraya langsung turun ke lokasi banjir.

Baca Juga:  Kader PR IPM Ponpes Kauman Dibekali Pelatihan Keprotokoleran

“Banjir menggenangi rumah masyarakat setinggi dada orang dewasa. Bersamaan dengan itu tim MDMC langsung membantu proses mengevakuasi masyarakat,” ujar Enzik.

Masih di hari yang sama, tim Lazismu dan MDMC langsung bergerak cepat dengan mendistribusikan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak. Posko layanan MDMC langsung didirikan di lokasi banjir.

“Alhamdulillah setelah kaji cepat dari MDMC Dharmasraya, Tim MDMC Sumbar langsung turun ke lapangan dengan membawa Paket Sembako, dan Paket Hygien Kit serta Air Mineral untuk masyarakat Terdampak banjir, Ujar Enzik.

Sementara itu, Ketua MDMC Sumbar Portito mengapresiasi kerja cepat dari MDMC Dharmasraya yang sigap dengan kejadian bencana. Dalam bencana, assessment sangat penting untuk menentukan kebutuhan bantuan.

Baca Juga:  SD dan MTs Muhammadiyah Kampung Tangah Lubuk Basung Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

“Setelah dapat data hasil kaji cepat, kita langsung kerahkan tim dengan membawa pasokan logistik untuk nanti bisa di bagikan oleh tim MDMC di lokasi,” terang Tito.

Mengingat kondisi Sumatra Barat akhir-akhir ini, MDMC Sumbar bersama daerah terus siaga untuk merespon kejadian bencana. Untuk mendukung program itu, MDMC Sumbar juga tetap mengharapkan dukungan dari semua pihak.

“Pastinya, kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh donatur yang terus mendukung program kemanusiaan dari MDMC. Ke depan, kami tetap berharap terus mendapat dukungan dalam penanganan bencana,” tuturnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM