Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 29 Des 2023 20:48 WIB ·

MDMC Sumbar dan RS Aisyiyah Pariaman Turunkan Tim Kesehatan ke Lokasi Banjir Bandang di Surian Solok


 Masyarakat Nagari Surian, Kabupaten Solok mengunjungi pusat layanan kesehatan yang dibuka MDMC dan RS Aisyiyah Pariaman.(Ist) Perbesar

Masyarakat Nagari Surian, Kabupaten Solok mengunjungi pusat layanan kesehatan yang dibuka MDMC dan RS Aisyiyah Pariaman.(Ist)

Solok, Menaramu – Rumah Sakit Aisyiyah Kota Pariaman dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sumbar menurunkan tim kesehatan ke Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Jumat (29/12/2023).

Tim kesehatan dipimpin langsung oleh April Adek dan Mairizaldi. Selama 3 hari ke depan, tim akan memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ketua Tim, April Adek mengatakan, tim kesehatan tersebut diterjunkan setelah tim kaji cepat bidang kesehatan dari MDMC Sumbar menemukan bahwa masyarakat terdampak mulai banyak yang mengalami gangguan kesehatan.

“Berdasarkan hasil kaji cepat, kami menemukan bahwa masyarakat terdampak mulai mengalami gangguan kesehatan, seperti diare, flu, dan batuk. Oleh karena itu, kami langsung mengambil sikap untuk terjun langsung ke lokasi,” kata April Adek.

Baca Juga:  Kekerasan Seksual Tak Kenal Batas Usia, Ketua Aisyiyah Sumbar Ingatkan Pentingnya Pencegahan

Selain tim kesehatan, MDMC Padang Pariaman juga turut dikerahkan untuk membantu layanan kesehatan di lokasi bencana. Tim tersebut beranggotakan Zainal Arif, dr. Elsa Mutiaradas Indah Sari, Rio Agus Saputra, Amd. Kep, dan Apt. Glen Arya Wibowo, S. Fram.

Ketua MDMC Sumbar, Portito, mengatakan bahwa tim gabungan yang diterjunkan sejak tanggal 20 Desember 2023 tersebut dipimpin langsung oleh Bahrul Ilmi.

“Alhamdulillah, kolaborasi MDMC Sumbar dengan RS Aisyiyah Kota Pariaman berjalan dengan baik. Apalagi, tim yang kita terjunkan ini dipimpin oleh April Adek dan Mairizaldi yang sangat berpengalaman,” kata Portito.

Tim kesehatan tersebut telah membuka layanan kesehatan sejak tanggal 29 Desember 2023 dan direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2023. Pada hari pertama layanan kesehatan, tim telah memberikan pelayanan kepada 50 jiwa, dengan rincian 25 lansia, 10 anak-anak, dan 15 remaja.

Baca Juga:  PWM Sumbar Resmikan BLK Komunitas Dharmasraya

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur Rumah Sakit Aisyiyah Kota Pariaman Bapak Tri Wijayanto dan Ibunda Endrawati sebagai Ketua Pimpinan Aisyiyah Kota Pariaman yang selalu siap, sigap, dan tanggap ketika kami MDMC Sumbar meminta bantuan untuk mengirimkan tim kesehatan ke lapangan,” kata Portito.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ayahanda, ibunda, dan para donatur yang telah menitipkan amanah mereka melalui MDMC Sumbar untuk membantu masyarakat terdampak bencana di Sumatera Barat,” kata Portito.

Sebelumnya, Banjir Bandang menghantam sejumlah kawasan di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Rabu (20/12/2023).

Data yang dihimpun tim MDMC Sumbar, 16 unit rumah terdampak. 7 di antaranya rusak berat dan 9 unit rusak ringan. Selain itu, lahan masyarakat seluas 432 hektare juga rusak. Ditaksir kerugian akibat bencana ini mencapai Rp32.234.800.000.(*)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM