Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 24 Nov 2023 16:27 WIB ·

Kaum Perempuan Harus Melek Politik


 Dr. Murisal.(Ist) Perbesar

Dr. Murisal.(Ist)

Padang, Menaramu – Perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam hal politik. Perempuan juga memiliki hak untuk memilih dan dipilih, serta hak menyuarakan pendapat dalam pesta demokrasi.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Dr. Murisal saat menjadi narasumber sosialisasi pendidikan pemilih segmen perempuan pada forum majlis taklim, Kamis (23/11/2023) di Masjid Al-Azhar UNP, Kota Padang.

Menurut Dosen UIN Imam Bonjol Padang itu, perempuan mesti memperjuangkan hak-haknya pada pemilu. Negara juga memberikan ruang yang luas bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam politik.

“Perempuan memiliki peran penting dalam keluarga dan masyarakat. Perempuan berperan dalam mendidik anak, membina keluarga, dan memajukan masyarakat,” ungkap Dr. Murisal.

Baca Juga:  Sudah Berprestasi, Sebelum TSPM Agam Dikukuhkan

Dikatakan Murisal, agar bisa mengambil peran, perempuan harus memiliki pemahaman yang baik atau melek politik dan pesta demokrasi. Kesempatan perempuan untuk berpartisipasi aktif sangat terbuka.

Menurutnya, agama Islam menganjurkan perempuan untuk berpartisipasi dalam pemilu. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memerintahkan kepada semua orang, termasuk perempuan, untuk bersaksi dan memberikan nasihat yang baik.

“Bersaksi dan memberikan nasihat yang baik termasuk dalam hal politik dan pemilu,” ujar Murisal.

Kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih segmen perempuan tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang perempuan dari berbagai kalangan. Peserta dan narasumber bahkan terlibat diskusi hangat.

Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra, mengatakan, kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih segmen perempuan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pemilu.

Baca Juga:  Kabar Baik, Muhammadiyah Sumbar Bakal Bangun 5 Klinik di Pasaman Barat

“Kami berharap perempuan dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu, sehingga dapat mewujudkan demokrasi yang berkualitas,” ujar Riki.(Endrio)

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

PWM Sumbar: Waspadai Serangan Fajar dan Bijak Gunakan Hak Pilih

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

Trending di AUM