Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 12 Nov 2023 19:01 WIB ·

Pimpinan Pusat Muhammadiyah Launching MBS Lima Kaum Tanah Datar


 Ketua PP Muhammadiyah, Dr. Saad Ibrahim menandatangani peluncuran Muhammadiyah Boarding School Lima Kaum.(Endrio) Perbesar

Ketua PP Muhammadiyah, Dr. Saad Ibrahim menandatangani peluncuran Muhammadiyah Boarding School Lima Kaum.(Endrio)

Tanah Datar – Pimpinan Pusat Muhammadiyah, KH. Saad Ibrahim melaunching Muhammadiyah Boarding School (MBS) Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Ahad (12/11/2023).

MBS Lima Kaum sebelumnya merupakan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) dengan pola pendidikan sekolah umum. Transformasi menjadi sekolah asrama tersebut sebagai bentuk penyesuaian terhadap kebutuhan pendidikan saat ini.

Dr. Saad Ibrahim mengapresiasi upaya konversi dari sekolah konvensional menjadi boarding school. Menurutnya, langkah itu juga menjawab tantangan dan kebutuhan pendidikan saat ini.

“Dengan adanya asrama, juga membuat para orang tua lebih tenang. Anak-anak mereka terkontrol dengan baik. Selain itu, waktu untuk mereka belajar dan beribadah akan lebih maksimal,” kata Saad Ibrahim.

Baca Juga:  PWM Kukuhkan BPP Kauman, Seribu Santri Target Selanjutnya

Transformasi tersebut, kata Saad Ibrahim, merupakan salah satu bentuk adaptif Muhammadiyah dengan perkembangan sistem pendidikan kekinian. Apalagi, persaingan di bidang pendidikan kian kompetitif.

“Transformasi ini tentunya harus berbarengan dengan peningkatan mutu pendidikan. Sehingga bisa melahirkan lulusan yang berprestasi dan berkarakter. Tidak saja unggul di akademis, tapi juga non akademis,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PDM Tanah Datar Irman mengatakan, Launching MBS Lima Kaum ini merupakan cita-cita besar PDM Tanah Datar. Ke depan pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Ponpes Kauman Padang Panjang untuk percepatan pembangunan MBS Lima Kaum.

“Kerjasama tersebut terkait manajemen pengelolaan sekolah, sampai pada bagaimana pembelajaran di Ponpes Kauman. Dengan kerjasama itu bisa kita terapkan di MBS Limo Kaum,” ujar Irman.

Baca Juga:  Perkuat Vokasi Madrasah, Santri Pontren Kauman Rutinkan Kunjungan ke Dunia Usaha

Ketua PWM Sumbar Bakhtiar menyampaikan bahwa MBS Lima Kaum merupakan sekolah yang punya potensi besar untuk menjadi sekolah unggulan di Tanah Datar. Untuk itu Bakhtiar meminta PDM segera menyiapkan segala persiapan teknis sehingga tahun depan bisa memulai penerimaan murid pertamanya dengan konsep sekolah asrama.

“Silahkan PDM dan segenap unsur pimpinan sekolah, kita segera melakukan rapat koordinasi untuk percepatan Muhammadiyah Boarding School ini,” kata Bakhtiar.

Hadir dalam peresmian Launching MBS Lima Kaum tersebut Ketua PWM Sumbar Bakhtiar, Sekretaris Apris, Ketua MPK SDI Nasrul A, Ketua PDM Tanah Datar Irman, Sekretaris Deri Rizal, Wakil Ketua Mustafa Akmal, Ketua PDA Desvianorita dan puluhan pelajar MTSM Lima Kaum.(Endrio)

Artikel ini telah dibaca 108 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM