Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

Uncategorized · 7 Nov 2023 19:30 WIB ·

Akademi Pengajian Asal Malaysia Susuri Jejak Buya HAMKA di Ponpes Kauman Padang Panjang


 Akademi Pengajian Asal Malaysia Susuri Jejak Buya HAMKA di Ponpes Kauman Padang Panjang Perbesar

Padang Panjang – Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang kembali mendapat kunjungan dari luar negri. Kali ini dari Akademi Pengajian Saidatina Aisyah Malaysia.

Kedatangan tamu dari Negri Jiran itu, Selasa (7/11/2023), tidak terlepas dari sosok ulama kelahiran Ranah Minang, Buya HAMKA dan jejak warisannya di Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

Dalam hantarannya, Mudir Kauman Dr. Derliana menjelaskan, Kauman adalah nama tempat, dimana muhammadiyah punya banyak amal usaha ada rumah sakit, sekolah, universitas, panti asuhan dan masih banyak lagi.

“Kauman Padang Panjang berasal dari Kauman Yogyakarta yang dibawa dan dikembangkan oleh Buya HAMKA hingga berkembang pesat seperti saat ini,” ungkapnya.

Kulliyatul Muballighien berasal dari Tabliq School yang didirikan oleh Buya HAMKA tahun 1928-1935. Tugas Tabliq Schhol adalah berdakwah atau sebagai da’i/da’iyah.

Baca Juga:  Hadiri Musycab PCM dan 'Aisyiyah Suliki Gunung Mas, Bupati Limapuluh Kota: Kontribusi Muhammadiyah Luar Biasa!

“Seiring perjalanan waktu, Ponpes Kauman terus menjadi pusat ilmu pengetahuan. Saat ini santrinya mencapai 700 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Alumni Kauman tercatat melanjutkan pendidikan di 9 negara,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Akademi Pengajian Saidatina Malaysia, Dr. Nurul Hani merasa sangat senang bisa berkunjung langsung ke Ponpes Kauman.

Menurut, Buya HAMKA merupakan sosok ulama kharismatik yang pengaruhnya sangat luar biasa. Bahkan, hingga kini warisannya masih terjaga dengan baik dan menjadi daya tarik untuk dipelajari.

“Terimakasih, ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi kami. Mudah-mudahan kunjungan ini membawa keberkahan dan banyak hal positif yang didapat oleh semua peserta,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kolaborasi MDMC dan Lazizmu Sumbar Bantu Korban Banjir Kota Padang, Sebar Makanan untuk Ratusan Orang

Dalam kesempatan, rombongan juga diajak berkeliling Kauman untuk lebih mengenali seluk beluk dan sejarah Kauman serta peran Buya HAMKA di dalamnya.(Ali)

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Sukses dengan Kentang, Keltan At-Tanwir Milenial Sungai Nanam Solok Kini Tanam Cabai Merah Keriting

9 Desember 2023 - 21:00 WIB

Muhammadiyah

Diskusi dengan Bupati Pasaman Barat, Ketua PWPM Sumbar Ade Herdiwansyah: Kita Terus Bangun Komunikasi!

1 Desember 2023 - 00:02 WIB

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat (PWPM Sumbar) terpilih, Ade Herdiwansyah bertemu Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi. (IST)

Ki Jal Atri Tanjung Jadi Formatur DHD BPK 45 Sumbar, Ketumnya Buya Mahyeldi

20 November 2023 - 16:59 WIB

Tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) Ki Jal Atri Tanjung, jadi formatur DHD-BPK 45 Sumatera Barat (Sumbar) periode 2023-2028. (IST)

Daftar 31 Orang Calon Formatur PWPM Sumbar Lolos Administrasi, Siap-siap Bertarung di Musywil ke-XVII

31 Oktober 2023 - 23:21 WIB

Logo Musywil Pemuda Muhammadiyah. (Sumber:IST)

Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar Makin Tacelak, Ketua PWM Sumbar Harap Optimalkan Pemanfaatan GDM

11 Oktober 2023 - 14:59 WIB

Wajah baru Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar. (Sumber: Endrio)

Hasil Kajian dan Putusan Tarjih Harus Disosialisasikan

7 Oktober 2023 - 20:04 WIB

Trending di Uncategorized