Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 29 Okt 2023 23:01 WIB ·

Pentingnya Kesehatan Jiwa Sebelum Haji, KBIHU Muhammadiyah Payakumbuh Hadirkan dokter Spesialis Kejiwaan saat Manasik


 dr.Hj.Maisarah (kiri) memberikan buku karyanya Perbesar

dr.Hj.Maisarah (kiri) memberikan buku karyanya "Maha Undangan di Muka Bumi" kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Payakumbuh, Ustadz Dr.H.Irwandi Nashir (tengah) didampingi Ketua KBIHU Muhammadiyah Payakumbuh,Buya H.Suhaimi Biran,SH (kanan).

Payakumbuh – Kegiatan manasik haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji/Umrah (KBIHU) Muhammadiyah Payakumbuh menghadirkan dokter spesialis kejiwaan asal RSJ Pekanbaru, dr.Hj. Maisarah Zas, Sp Kj, Ahad (29/10/2023).

Kehadiran dokter spesialis kejiwaan tersebut untuk memberi pencerahan kepada calon jamaah haji terkait pentingnya menjaga kesehatan jiwa sebelum berangkat dan sepulang dari tanah suci.

Di hadapan para jemaah, dr.Hj. Maisarah Zas, Sp Kj menjelaskan, banyak kasus saat berada di tanah suci, jemaah haji tiba-tiba bersikap tidak normal. Fenomena itu sangat sering terjadi dan perlu pemahaman seluruh calon jemaah haji maupun umroh.

Dikatakannya, persiapan seseorang untuk menghadiri suatu undangan amat tergantung pada seberapa jauh makna undangan itu bagi dirinya. Semakin rendah nilai undangan itu bagi dirinya,maka undangan itu pun semakin tidak berarti baginya.

Baca Juga:  KH. Saad Ibrahim: “Pimpinan Muhammadiyah Harus Punya Mindset Terdepan"

Sebaliknya, semakin bernilai tinggi undangan itu, apalagi dari Allah Ta’ala Sang Maharaja yang menjanjikan akan mengubah status hidupnya kepada derajat yang lebih tinggi, maka pastilah dia akan mempersiapkan diri dengan sempurna sebab ia takut jika berbuat kekeliruan apalagi kesalahan yang fatal.

Menurut pengarang buku “Maha Undangan di Muka Bumi” itu, ibadah haji dan umrah perlu dipahami tak saja dari sisi fiqh, tapi juga dari aspek ‘aqidah, tasawuf dan kesehatan jiwa.

“Kegersangan nilai-nilai rohani dapat memicu terjadinya berbagai fenomena yang sangat memprihatinkan dalam pelaksanaan ibadah haji termasuk gangguan pada kesehatan jiwa,” jelas dr. Maisarah yang juga aktif di Pusat Kajian dan Pembinaan Haji Indonesia (PKPH) Provinsi Riau.

Baca Juga:  Kebijakan Politik Muhammadiyah Berorientasi pada Kepentingan Umat dan Bangsa

Akibatnya, lanjut dr. Maisarah, muncul berbagai sikap penyepelean sampai pelecehan nilai-nilai haji yang sakral itu mencakup pola pikir, sikap, dan perilaku. “Padahal, haji secara simbolik adalah puncak marwah umat Islam di muka bumi,” jelasnya.

Kesehatan Kejiwaan Jadi Kurikulum di KBIH Muhammadiyah Payakumbuh

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Payakumbuh, Ustadz Dr. H Irwandi Nashir menjelaskan, dalam kurikulum manasik haji di KBIHU Muhammadiyah memadukan antara fiqh haji, ‘aqidah haji, adab haji dan aspek-aspek untuk kesehatan jiwa.

“Dengan adanya bimbingan dengan kurikulum yang lengkap, maka calon jemaah haji dan umroh akan lebih siap secara fisik, ilmu dan juga kejiwaan sehingga fenomena-fenomena tak lazim di tanah suci bisa diminimalisir,” paparnya.

Baca Juga:  MDMC Sumbar Bantu Oksigen Portable untuk relawan Operasi SAR Erupsi Gunung Merapi

Sementara, Ketua KBIHU Muhammadiyah Payakumbuh, Buya H.Suhaimi Biran mengajak calon jamaah haji/umrah khususnya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mengikuti manasik haji/umrah di KBIHU Muhammadiyah.

“KBIHU Muhammadiyah Kota Payakumbuh adalah KBIHU resmi dan telah mengantongi izin operasional dari Kemenag,” jelasnya.

Manasik haji di KBIHU Muhammadiyah Payakumbuh rutin dilaksanakan setiap Ahad pekan pertama dan ketiga, mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB di masjid Ansharullah Muhammadiyah”, imbuhnya. (Ir/Yopi)

Artikel ini telah dibaca 195 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Peristiwa Israk Mi’raj Merupakan Momen Penting dalam Sejarah Islam

23 Februari 2024 - 12:01 WIB

Prof. Masri Mansoer: Solok Butuh Pemimpin dengan Ciri Ini

22 Februari 2024 - 19:55 WIB

Ponpes Al Kautsar Studi Komparatif ke Tiga Negara

21 Februari 2024 - 16:31 WIB

Muhammadiyah Sumbar Gelar Konsolidasi ke-PCM di Solok Selatan

20 Februari 2024 - 22:12 WIB

Baitul Arqam PCM dan PCA di Solsel Bakar Semangat Bermuhammadiyah

20 Februari 2024 - 22:10 WIB

Trending di Daerah