Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 22 Okt 2023 06:42 WIB ·

Muhammadiyah Sumbar Berkomitmen Lestarikan Ekosistem Pesisir


 Arahan menjelang aksi penanaman mangrove di Bungo Pasang. Perbesar

Arahan menjelang aksi penanaman mangrove di Bungo Pasang.

PADANG – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat H. Marhadi Efendi menegaskan, Muhammadiyah berkomitmen berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan ekosistem pesisir.

Penegasan itu disampaikannya, saat memberi sambutan pada kegiatan penanaman mangrove di Kelurahan Bungo Pasang, Kota Padang, Sabtu (22/10), sebagai program aksi dan kolaborasi berbagai institusi.

Lembaga yang terlibat dalam program aksi itu adalah UM Sumatera Barat, Institute Hijau Indonesia, Komunitas World Clean Up Day, Universitas Tamansiswa Padang, Universitas Adzkia, Kampung Tematik Eco Enzyme Andalas, Bank Sampah Lidah Mertua, Karang dan Taruna Sumbar.

Pada kesempatan itu, Marhadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada salah seorang praktisi pelestarian kawasan pesisir Dr. Eni Kamal. “Dengan beliau, proyek penanaman mangrove dan pelestarian lingkungan Muhammadiyah Sumatera Barat ini, semakin kokoh dan siap untuk menghadapi tantangan masa depan,” ujarnya.

Baca Juga:  Ditinggali 28 Anak, Kondisi Panti Asuhan Muhammadiyah Padang Balimbiang Solok Jauh dari Layak

Marhadi menegaskan, mangrove bukan hanya komponen vital dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengurangi konsentrasi karbon dioksida (CO2) di atmosfer.

Menurutnya, ekosistem mangrove mampu menyerap dan menyimpan karbon dalam jumlah yang luar biasa, menjadikannya salah satu alat yang efektif dalam perjuangan global untuk mengurangi emisi CO2, dan memitigasi perubahan iklim.

Akar-akar mangrove yang kompleks dan sistem akarnya yang mencapai ke dalam lumpur pesisir, katanya, dapat menyerap karbon dengan efisiensi yang luar biasa.

Penanaman mangrove yang dilaksanakan di Kelurahan Bungo Pasang, tambahnya, adalah awal dari serangkaian tindakan berkelanjutan dalam menjaga dan melestarikan ekosistem pesisir.

Selain menanam bibit mangrove, perhatian yang serius juga diberikan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini dalam waktu yang akan datang.

Baca Juga:  Ini Alasan PDM Rokan Hulu Kunjungi PDM Pasbar

Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat akan bertanggung jawab atas pemantauan ilmiah yang cermat, memastikan bahwa mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat lingkungan yang optimal.

“Akhir tahun ini, penanaman mangrove di daerah Ulakan, Padang Pariaman, akan menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk melestarikan ekosistem pesisir,” katanya.(mus)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM