Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 5 Okt 2023 18:54 WIB ·

Adaptasi dengan Kemajuan Teknologi, Ponpes Kauman Gelar Pelatihan Artificial Intelligence


 Adaptasi dengan Kemajuan Teknologi, Ponpes Kauman Gelar Pelatihan Artificial Intelligence Perbesar

Padang Panjang – Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggelar pelatihan penggunaan tekhnologi kecerdasan buatan untuk tenaga pendidik dan kependidikan, Kamis (5/10/2023).

Pelatihan tersebut untuk memberikan edukasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan terkait tata cara penggunaan tekhnologi AI. Harapannya, bisa memacu pengambangan pendidikan di Kauman.

Mudir Ponpes Kauman, Dr. Derliana, MA mengatakan, tenaga pendidik dan kependidikan mesti terus mengupdate dan upgrade kemampuan, agar tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman.

Sebagai lembaga pendidikan, ulasnya, Kauman harus siap dengan segala situasi dan kondisi terhadap perkembangan tekhnologi. Kauman harus mampu beradaptasi dan memanfaatkannya untuk hal positif.

“Melalui pelatihan ini kita mendorong peningkatan kemampuan guru sehingga bisa memberikan edukasi terhadap anak didik terkait pemanfaatan teknologi digital. Orang yang paling cerdas itu orang yang mampu mengikuti perkembangan, sekarang digitalisasi sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Daftar Lokasi Shalat Idul Adha Warga Muhammadiyah di Kabupaten Agam, Besok Rabu 28 Juni 2023

Derliana mengingatkan, sehebat apapun kemajuan teknologi, yang terpenting itu adalah penggunaannya. Tekhnologi hanya sebagai alat, penentunya tetap manusia penggerak alat tersebut.

Pelatihan pemanfaatan AI tersebut dilangsungkan di aula buya HAMKA dengan melibatkan dosen Politeknik Negri Padang, Taufik Gusman sebagai pemateri.

Selama pelatihan, guru Kauman akan mendapatkan pengetahuan dan bimbingan penggunaan aplikasi AI. Mulai dari pembuatan teks to Voice, Ilustrasi AI, membuat Logo Pribadi, serta Animasi pendek untuk media pendidikan.(*)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita