Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 18 Sep 2023 23:01 WIB ·

Berbagi Motivasi di Kauman Padang Panjang, Amien Rais Ajak Santri jadi Penggerak Dakwah


 Berbagi Motivasi di Kauman Padang Panjang, Amien Rais Ajak Santri jadi Penggerak Dakwah Perbesar

Padang Panjang – Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Prof. Amien Rais berbagi pengalaman dengan santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Ahad (17/9/2023).

Kehadiran tokoh reformasi itu di Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang merupakan bagian dari lawatannya ke Ranah Minang. Amien Rais sengaja hadir untuk melihat langsung ponpes warisan Buya Hamka tersebut.

Di hadapan ratusan santri, Amien Rais bercerita soal masa kuliahnya di Amerika Serikat. Dalam catatan pentingnya di negri Paman Sam, Amien Rais menyorot soal degradasi moral yang pernah melanda Amerika.

“Pada tahun 1970-an, terjadi revolusi moral yang melanda Amerika, di mana etika dan akhlak diuji. Ini adalah saat di mana 90% mahasiswi di seluruh Amerika tidak lagi menjadi gadis,” sebutnya.

Baca Juga:  KH. Saad Ibrahim: “Pimpinan Muhammadiyah Harus Punya Mindset Terdepan"

Menurut mantan ketua MPR RI itu, sejarah yang pernah terjadi di Amerika perlu menjadi pelajaran, jangan sampai terjadi di Indonesia, khusunya di Sumatra Barat. Untuk itu, perlu pejuang dan penggerak dakwah.

Amien Rais mengharapkan, santri Ponpes Kauman Muhammadiyah bisa menjadi penerus dakwah di Indonesia. Makanya, semasa di ponpes, santri harus menggali ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal perjuangan.

“Belajarlah sungguh-sungguh, karena ilmu adalah sumber kebijaksanaan. Ingatlah masa keemasan Islam di mana pemikiran terdepan berada di tangan cendekiawan Islam. Saat Eropa masih terbelakang, kita memiliki tokoh besar seperti Ibnu Sina dan lainnya,” jelasnya.

Kedatangan Amien Rais ke Ponpes Kauman Muhammadiyah merupakan yang kedua. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 1998 silam saat masih menjabat sebagai ketua PP Muhammadiyah.

Baca Juga:  RUPS Perdana, PT. Sumbarmu Amal Sinergi Targetkan Pendapatan Rp4 Miliar Tahun 2023

Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA mengharapkan, dengan kehadiran Prof. Amien Rais semakin memotivasi santri Kauman untuk lebih gigih dalam belajar, sehingga bisa berkontribusi besar dalam kehidupan bangsa dan negara.

“Alhamdulillah, ini kunjungan yang sangat berarti di Kauman. Biasanya nama Amien Rais hanya ada di nama kelompok santri dan sekarang beliau hadir langsung. Semoga pertemuan ini bisa membuat semangat kita membumbung tinggi untuk Indonesia lebih hebat,” tutupnya. (AN)

Artikel ini telah dibaca 172 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita