Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

Berita · 7 Sep 2023 20:38 WIB ·

Batasan Masa Jabatan Pimpinan AUM Penting untuk Regenerasi


 Batasan Masa Jabatan Pimpinan AUM Penting untuk Regenerasi Perbesar

Padang – Wakil ketua PWM Sumbar, Yosmeri Yusuf menilai, perlu ada pembatasan masa jabatan pimpinan di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Hal tersebut untuk membuka ruang regenerasi pimpinan di masa mendatang.

Menurut Wakil ketua bidang ekonomi, bisnis dan industri halal itu, selama ini belum ada ketegasan soal batas maksimal masa jabatan pimpinan amal usaha. Tak ayal, ada pimpinan AUM yang sudah puluhan tahun menjabat.

“Selama ini, batasan periodisasi di amal usaha Muhammadiyah tidak berjalan, terutama di sekolah sekolah Muhammadiyah. Bahkan ada yang sudah menjabat 25 tahun sebagai kepala sekolah,” tutur Yosmeri saat berbincang santai, Kamis (7/9/2023).

Tidak adanya batasan itu, ulasnya, menyebabkan tidak berjalannya kaderisasi pimpinan amal usaha. Ruang bagi kader muda yang potensial untuk berproses menjadi pimpinan juga terhambat.

Baca Juga:  Akomodir Muhammadiyah dan Pemerintah, Masjid Rajo Ibadat Sumpur Kudus Sijunjung Gelar 2 Kali Shalat Idul Adha

Sejatinya, banyak kader muda Muhammadiyah yang terus lahir dan berpotensi menjadi pimpinan. Lantaran tertutupnya ruang untuk berproses, membuat mereka memilih untuk terjun ke lembaga lain yang lebih terbuka.

“Muhammadiyah Sumbar tidak kekurangan kader berkualitas sebagai pimpinan amal usaha. ruang bagi mereka yang kurang terbuka sehingga tidak bisa berproses untuk menjadi pimpinan,” tegas Yosmeri.

Tradisi lama seperti itu, kata Yosmeri, perlu dirubah agar gerak amal usaha Muhammadiyah bisa kian gesit. Kader-kader muda visioner dan berjiwa Muhammadiyah perlu mendapat kesempatan.

“Ketika kader muda yang jadi pimpinan, maka lebih energik dan visioner. Daya juangnya akan berbeda dan bisa berlari kencang untuk menghidup dan menggairahkan amal usaha, tidak hanya sekedar hidup,” tutupnya.(Endrio)

Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

PWM Sumbar: Waspadai Serangan Fajar dan Bijak Gunakan Hak Pilih

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita