Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 29 Agu 2023 20:43 WIB ·

Kagum dengan Pontren Kauman, Sekolah Asal Malaysia Ini Tawarkan Program Pertukaran Guru


 Kagum dengan Pontren Kauman, Sekolah Asal Malaysia Ini Tawarkan Program Pertukaran Guru Perbesar

Padang Panjang – Kesekian kalinya, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menerima kunjungan tamu dari negri Jiran, Malaysia.

Kali kunjungan datang dari civitas akademika Dzul Iman Quranic Life School, Malaysia, Selasa (29/8/2023). Kehadiran tamu istimewa itu disambut atraksi Tapak Suci Santri Kauman.

Pendiri Yayasan Dzul Iman Quranic Life School, Badariah Binti Ismail menyampaikan kekagumannya terhadap penyambutan dari Pondok Pesantren Kauman.

“Terimakasih atas sambutan luar biasa ini. Kami ingin kita berbagi kisah terkait pengelolaan dan proses pembelajaran dari pondok pesantren warisan Buya HAMKA ini,” ungkapnya.

Beliau mengungkapkan, kedatangannya jauh-jauh ke Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang untuk menggali soal proses pembelajaran serta pengelolaan lembaga pendidikan.

Baca Juga:  1 Ramadhan 1445 H Bertepatan 11 dengan Maret 2024 M

Badariah mengharapkan, ke depannya kedua lembaga bisa menjalin kerjasama lebih serius, termasuk pertukaran guru. Menurutnya, semangat, profesional dan loyalitas guru Kauman perlu menjadi contoh.

“Kita ingin lakukan kerjasama pertukaran guru. Agar loyalitas dan profesionalitas dari guru di sini juga dapat dikembangkan di yayasan kami. Program-program pendidikan di sini, kami rasa cocok juga kami terapkan di sekolah kami,” jelasnya.

Senada, Mudir Dzul Iman Quranic Life School, Mu’adz bin Ashroff mengatakan, nyaris 1 abad berdiri, tentu saja sudah banyak prestasi dan capaian Pondok Pesantren Kauman.

“Tentu saja kami belajar dari kiprah sejarah Pondok Pesantren Kauman. Kita mengetahui bermula Buya HAMKA yang memimpin lembaga ini hingga sekarang sudah hampir 100 tahun, tentu sudah banyak sebaran alumni,” sebutnya.

Baca Juga:  Kembangkan Bakat Santri, Pontren Kauman Sediakan 50 Cabang Ekstrakurikuler

Sementara itu, Mudir Kauman, Dr. Derliana menyambut baik rencana pertukaran guru yang digagas. Menurutnya, Pontren Kauman sangat terbuka dengan lembaga pendidikan lain dan juga masyarakat.

“Semoga kerjasama ini saling menguntungkan dan berkontribusi pada perkembangan pendidikan di kedua negara. Dengan kerjasama pertukaran guru bakal mendorong pertukaran nilai, pengetahuan, dan pengalaman yang akan memperkaya kedua lembaga pendidikan,” tutupnya.(AN)

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita