Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 26 Agu 2023 17:49 WIB ·

Zalisman Terpilih jadi Ketua PCM Batipuh, Nurhaida Pimpin Aisyiyah


 Foto bersama usai pembukaan Musyca Terpadu Muhammadiyah-Aisyiyah Batipuh.(musriadi musanif) Perbesar

Foto bersama usai pembukaan Musyca Terpadu Muhammadiyah-Aisyiyah Batipuh.(musriadi musanif)

PADANG PANJANG – Musyawarah Cabang Terpadu Muhammadiyah Aisyiyah Batipuh Mudik, Sabtu (26/8) di Gedung Muhammadiyah Balai Kemuning, membuahan hasil maksimal dan mengambil beberapa keputusan penting.

Drs. Zalisman terpilih menjadi ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PC) Batipuh Periode 2022-2027. Sedangkan anggota pleno terpilih adalah H. Hali Salmi Dt. Panduko Basa, Mukrim Eka Putra Dt. Pangulu Rajo, Wisrizal Dt. Lelo Sutan, Drs. H. Anwardi Malin Basa, Syukniyadi Khatib Basa, Romika Pahlawan, SIP., Ahmad Arif, Ahmad Fitri, ST.

Sementara Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Batipuh terpilih adalah Nurhaida menjadi ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Batipuh Periode 2022-2027. Sedangkan wakil ketua dipercayakan kepada Ernis dan Erlinda Yanti, Sekretaris Hamidah, Wakil Sekretaris Nur Azizah, Bendahara Nella Yunizra, dan Wakil Bendahara Nurmi Yetti.

Selain memilih pimpinan, keputusan penting lainnya yang diambil pada musyca itu adalah menyesuaikan nomenklatur nama teritorial organisasi. PCM Batipuh Mudiak dan PCA Batipuh Mudiak disesuaikan menjadi PCM Batipuh dan PCA Batipuh.

Baca Juga:  PDM Pabasko Bersilaturahim dengan Empat Majlis

Rapat juga mengamanahkan kepada PCM terpilih untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan, guna mendirikan PCM baru untuk mengakomodir organisasi, anggota, dan amal usaha Muhammadiyah yang ada di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan.

Musycab terpadu ini dibuka secara resmi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padang Panjang Batipuh X Koto(Pabasko) Dr. H. Zulkarnaini, M.Ag, yang diwakili Ustad Suharman, MA., dan ditutup Wakil Ketua Musriadi Musanif, S.Th.I.

Pembukaan muscab itu turut dihadiri Anggota DPRD Sumbar Buchari Dt. Tuo, Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria Dt. Pado Kayo dan Afriman Dt. Majoindo, Camat Batipuh Abdi Hardifala beserta Forkopimca, para walinagari se-Kecamatan Batipuh, pengurus LKAAM Batipuh, dan para undangan.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah Inginkan Nagari Sungai Batang Jadi Nagari Muhammadiyah

Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Ketua PDM Pabasko Dr. Gusmaizal Syandri, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Dra. Rusmaida Nasution, Wakil Ketua Dra. Fauziah Ahmad, dan Sekretaris Dra. Dwi Dasawarsari.

Ketua PCM Periode 2015-2022 Buya H. Khamsul Amar menegaskan, kendati sempat melambat akibat pandemi Covid-19, namun Muhammadiyah Cabang Batipuh mengalami perkembangan yang bagus, di antaranya dari sisi jumlah anggota, ranting, dan amal usaha.

“Warga Muhammadiyah yang hadir kali ini, mencapai tiga kali lipat kalau dibanding dengan musyawarah cabang tujuh tahun lalu,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari pemberitaan kiprahkita.com.

Camat Abdi dalam sambutannya mengucapkan selamat musyca semoga membuahkan hasil maksimal, mendudukkan orang yang tepat untuk memimpin ke depan, agar Muhammadiyah mewarnai kehidupan masyarakat.

“Mengapresiasi karena Muhammadiyah terbesar yang selalu menegakkan syiar Islam di tengah masyarakat. Muhammadiyah selalu berkolaborasi membangun kesejahteraan dan meminimalisir prilaku negatif yang menggerogoti masyarakat dalam mengamalkan Islam,” ujarnya.

Baca Juga:  PWM Sumbar dan Yogyakarta Jalin Kerjasama

Abdi juga mengingatkan, agar keluarga besar Muhammadiyah bersama-sama menjaga anak kemenakan, agar tak terjerat perilaku negatif yang merusak umat. “Mari sama bergerak mewujudkan Tanah Datar Madani. Mari semarakkan Islam di masyarakat, jangan berpecah-belah yang membuat kita semakin lemah. Mari jaga kenyamanan di tengah masyarakat.”

Ketua PDM menegaskan, bermuhammadiyah itu melelahkan, tidak mengejar materi, tapi tetap mengembangkan amal usaha dan memberikan manfaat bagi umat. Maka keikhlasan perlu dikemukakan dalam usaha mencerahkan umat.

“Tidak boleh berkonflik dengan organisasi lain dan juga pemerintah, walau ada upaya untuk membenturkan sesama ormas Islam. Kita sama berjuang mengisi kemerdekaan ini, sikap kita adalah Islam menjadi rahmat bagi sekalian alam, konsep beragama sesuai tarjih dan tajdid,” ucapnya.(mus)

Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM