Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

berita · 28 Jul 2023 18:04 WIB ·

Ketua PDM dan PDA Pabasko Konsolidasi ke Malalo


 Foto bersama usai pengajian dan konsolidasi organisasi di PCM Batipuh Hilir.(kiprahkita.com) Perbesar

Foto bersama usai pengajian dan konsolidasi organisasi di PCM Batipuh Hilir.(kiprahkita.com)

PABASKO – Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padang Panjang Basko (Pabasko) Buya Dr. H. Zulkarnaini, MA mengingatkan, keputusan tarjih merupakan hal yang amat krusial di Muhammadiyah, khususnya menjadi referensi penting dalam menunaikan ibadah.

“Itu sudah menjadi komitmen kita dalam bermuhammadiyah. Keputusan Majlis Tarjih harus menjadi referensi dan acuan dalam beribadah, maupun urusan muamalah,” ujarnya, Jumat (28/7), di Aula Panti Asuhan Muhammadiyah Padanglaweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, dalam kegiatan pengajian bersamaan dengan pertemuan konsolidasi Muhammadiyah dan Aisyiyah di daerah itu.

“Jadi, jangan sampai menganggap putusan tarjih saja yang benar, putusan tarjih adalah yang dalilnya paling kuat hingga saat ini, tapi masih terbuka peluang untuk mengkajinya lagi, sesuai perkembangan dan temuan dalil terkuat dan terbaru,” ujarnya.

Baca Juga:  Ratusan Murid TK Aisyiyah Simpang IV Lubuk Basung Ikuti Sosialisasi Pemadaman Kebakaran

Buya berharap, Muhammadiyah dan Aisyiyah Batipuh Selatan tampil menjadi pelopor di tengah-tengah masyarakat dalam mengamalkan putusan-putusan tarjih, sehingga dapat memotivasi semakin kuatnya Persyarikatan Muhammadiyah di masa yang akan datang.

Usai pengajian, kegiatan dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi yang dihadiri Ketua PDM Pabasko Dr. Zulkarnaini, MA., Sekretaris Drs. H. Yandri Naga, Wakil Ketua Musriadi Musanif dan Defrial, serta Ketua Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) PDM Pabasko Syafril Alwis.

Rombongan PDA Pabasko dipimpin langsung Ketua Dra. Rusmaida Nasution, sejumlah wakil ketua dan jajaran pimpinan lainnya. Hadir pula Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padanglaweh Malalo B. Dt. Lelo Marajo, tokoh masyarakat, dan keluarga besar Muhammadiyah Batipuh Hilir.

Baca Juga:  Muhammadiyah Dorong Kader Potensial Maju di Legislatif dan Eksekutif

Ketua PCM Batipuh Hilir Joni Wahyudi menjelaskan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Aisyiyah Batipuh Hilir segera melaksanakan musyawarah cabang (musyca), dalam rangka percepatan konsolidasi organisasi.

Bila tidak ada aral melintang, musyca terpadu itu akan dilaksanakan pada Agustus ini. “Insya Allah, kita sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan musyca,” ujarnya.

Joni menyebut, kendati pun secara organisatoris Muhammadiyah di pantai barat Danau Singkarak itu sempat berjalan lambat, karena kebijakan pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19, namun dari sisi amal usaha tetap dikelola dengan baik, khususnya masjid, madrasah, Taman Kanak-kanak (TK), panti asuhan, dan kegiatan pengajian-pengajian.

Sementara itu, Musriadi saat memberi penjelasan tentang pelaksanaan musyca terpadu, pada prinsipnya menyerahkan sepenuhnya kepada PCM dan PCA selaku penanggungjawab. Namun, ujarnya, PDM Pabasko akan mendampingi sesuai dengan kewenangan yang diberikan persyarikatan.

Baca Juga:  Atlet Tapak Suci Sijunjung Peraih Medali Emas Kejurnas Silat di UIN SMDD Terima Bonus

“Hal yang perlu dibicarakan juga adalah penyesuaian nomenklatur dan nama tempat. Dahulu kita pakai nama Batipuh Hilir, tapi kini nama itu tidak bertemu lagi dalam data pemerintah. Google juga tidak menemukan Batipuh Hilir. Ini yang perlu kita pertimbangkan. Cabang kita ini berada dalam wilayah Kecamatan Batipuh Selatan,” sebutnya.(mus)

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM