Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 24 Jul 2023 23:01 WIB ·

Ikhtiar SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang Solok, Perkuat Karakter Siswa dengan Pondasi Keagamaan


 Praktik ibadah salat siswa SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang yang menjadi rutinitas setiap hari sekolah.(Albert) Perbesar

Praktik ibadah salat siswa SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang yang menjadi rutinitas setiap hari sekolah.(Albert)

Solok – Pendidikan keagamaan menjadi program prioritas bagi SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang, Nagari Muaro Paneh, Kabupaten Solok. Siswa tidak hanya fokus belajar soal akademis, namun juga diimbangi dasar-dasar keagamaan dan praktik beribadah.

Program tersebut tidak terlepas dari ikhtiar SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang dalam membentuk siswa berkarakter dan unggul. Setiap hari, seluruh siswa diharuskan melaksanakan salat sunat duha hingga Zuhur Berjemaah.

“Saat masuk waktu duha, anak-anak menjalankan salat sunnah dulu. Nanti, pas Zuhur mereka salah berjemaah di masjid yang dekat dengan sekolah,” kata kepala SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang, Rita Andriani, S.Pd.

Kombinasi antara pendidikan dan praktik keagamaan di lingkungan sekolah membawa dampak positif terhadap anak. Selain pembiasaan diri untuk taat dan patuh dengan perintah agama, juga berdampak pada perilaku anak.

Baca Juga:  Link Download Logo Milad ke-111 Muhammadiyah, Cek di Sini!

Selain program itu, SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang juga mempersiapkan anak didiknya untuk bisa menjadi da’i. Setiap hari Jumat, secara bergantian anak-anak belajar memberikan ceramah agama.

“Ini manfaatnya juga sangat luar biasa terhadap anak. Sebelum memberikan ceramah, tentunya mereka menyiapkan materi keagamaan yang secara tidak langsung mendorong mereka untuk belajar,” terangnya.

Dari program kultum Jumat itu, SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang bisa menghantarkan murid menjadi juara II da’i cilik kecamatan. Program yang digagas sudah berdampak nyata terhadap anak maupun sekolah.

Selain anak didik, guru SD Muhammadiyah Sawah Cangkiang juga berprestasi. Salah satu guru berprestasi yakni Fitriani Hijriya yang menjadi juara dalam lomba guru agama se-Kecamatan Bukit Sundi.

Baca Juga:  PCM Kinali Ikuti Sosialisasi Digitalisasi Keuangan

“Semoga ke depan, kian banyak anak dan guru yang menorehkan prestasi untuk sekolah kita. Tentunya, sekolah akan terus mendorong ke arah itu melalui program unggulan. Tapi tujuan utamanya untuk mendidik anak yang taat dan berakhlak mulia,” kata Rita.

Saat ini, SDM Sawah Cangkiang memiliki 63 orang murid. Mayoritas, merupakan anak-anak daerah sekitar. Sekolah yang cukup jauh dari pusat Nagari Muaro Paneh itu satu atap dengan TK ‘Aisyiyah Sawah Cangkiang.

“Alhamdulillah, kita cukup mudah untuk mencari murid. Dengan dukungan orang tua serta pengurus ranting Muhammadiyah, anak-anak tamatan TK langsung lanjut di SD kita,” terang Rita.

Walau berstatus sekolah swasta di bawah naungan Muhammadiyah, Rita Optimis sekolah yang berdiri sejak 1970 itu mampu bersaing dengan sekolah sederajat lainnya di Muaro Paneh.(Albert)

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita