Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 24 Jul 2023 15:13 WIB ·

Tingkatkan Hafalan Santri, Pontren Kauman Gelar Kelas Motivasi Menghafal Al-Qur’an


 Kelas motivasi menghafal Al-Qur'an Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.(Ist) Perbesar

Kelas motivasi menghafal Al-Qur'an Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.(Ist)

Padang Panjang – Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggelar kelas motivasi menghafal Al-Qur’an bagi santri. Kegiatan itu dipusatkan di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Senin, 24 Juli 2023.

Setidaknya, lebih kurang 640 orang santri mengikuti motivasi menghafal Al-Qur’an tersebut. Tujuannya, agar seluruh santri kian giat dalam meningkatkan hafalan.

Direktur Tahfidz Pontren Kauman, Ustadz Ogi Faturrahman mengatakan, cinta pada Al-Qur’an merupakan hal dasar yang harus ditanamkan dalam setiap diri muslim. Banyak kemuliaan dengan menjadi penghafal Al-Qur’an.

“InsyaAllah jika kita menghafal Al-Qur’an, maka mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Serta, banyak Fadilah dan kemuliaan lainnya dari diri seorang penghafal Al-Qur’an,” ungkap Ustadz Ogi.

Baca Juga:  MTs Muhammadiyah Kubang Limapuluh Kota Wisuda Tahfiz dan Perpisahan Kelas IX, Ini Pesan Kepsek

Dalam kesempatan itu, Ustadz Esa Ahmadi selaku narasumber berbagi tips dengan santri terkait metode menghafal Al-Qur’an. Menurutnya banyak metode dalam menghafal, tergantung mana yang cocok.

“Kunci awalnya, perbaiki Makhraj huruf agar menghafalnya lancar. Untuk metode yang mudah, bisa dengan memulai dari 3-5 ayat, kemudian diulang-ulang. Setelah lancar, lanjut lima ayat berikutnya,” terangnya.

Atau, ulas Esa Ahmadi, bisa dengan menggunakan sistim baris atau sistim halaman. Hal tersebut tergantung dari kemampuan dan kesesuaian dengan santri yang akan menghafal.

“Niatkan menghafal Al-Qur’an sebagai ibadah. Setiap huruf yang kita baca menjadi pahala. Nikmati prosesnya, InsyaAllah akan membawa berkah dan kebaikan,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Mudir Pontren Kauman, Ustadz Insan Adha Hasibuan, Wakil Madrasah, majelis guru, dan Musyrif/Musyrifah Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita