Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

AUM · 16 Jul 2023 16:01 WIB ·

Pontren Kauman Bina Program Tahfidz SDN 23 Cubadak Lima Kaum


 Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana saat memaparkan program tahfiz kepada guru dan wali  murid SDN 23 Cubadak.(Ist) Perbesar

Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana saat memaparkan program tahfiz kepada guru dan wali murid SDN 23 Cubadak.(Ist)

Padang Panjang – Langkah Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menjadi Pusat Keunggulan Tamaddun Islam semakin tertata. Setelah membina MTsS Hidayatul Ulum, Kabupaten Bungo, Jambi. Kini KAUMAN membina Program Tahfidz SDN 23 Cubadak, Kecamatan Lima Kaum.

Dalam pertemuan pertama program pembinaan Tahfidz SDN 23 Cubadak langsung dihadiri mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Dr. Derliana, Sabtu (15/7/2023). Pertemuan tidak hanya dihadiri oleh para guru SDN 23 Cubadak namun juga komite dan perwakilan wali murid tiap kelasnya.

Kepala SDN 23 Cubadak, Roni Saputra mengungkapkan, kerjasama antara sekolahnya dengan Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang tidak terlepas dari kesuksesan program tahfiz yang dilakukan oleh Ponpes Kauman Muhammadiyah.

Baca Juga:  Dibantu Lembaga Donatur Bina Muwahidin, Fasilitas MBS Lima Kaum Segera Dibangun

“Bermula ketika saya mengikuti parenting orang tua / wali santri Kauman. Melihat kesuksesan program tahfidz yang telah diterapkan. Sehingga kami berniat mengadopsi program tersebut,” terang Roni.

Dalam perjalanannya, Roni kemudian meminta Ponpes Kauman membina program tahfidz di SDN 23 Cubadak. Menurut Roni, target sekolah tidak muluk-muluk, minimal setiap anak didik hafal 1 juz.

“Untuk anak SD, Hal tersebut sudah cukup untuk mewarnai nilai keislaman dalam diri anak-anak,” tutur pria uang juga wali santri dari Dzaki Almer Jamil.

Sementara itu, Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA mengatakan, dari pemahaman ayat yang dihafal dan mutqin (makharijul huruf), maka harapan sekolah untuk melahirkan peserta didik yang berkualitas dari segi akhlak dan tingkah laku, Insyaa Allah akan terwujud.

Baca Juga:  Empat Potensi Kembangkan Gerak Persyarikatan Muhammadiyah

Dalam paparannya Derliana menjelaskan tentang Target hafalan Juz 30 siswa tiap semesternya dengan rata-rata hafalan minimal 3 surah.

“Ada 4T dalam komponen menghafal Quran yakni tahfiz, terjamah, tulis dan tadabbur. Selain itu penting juga mengadakan Tasmi dan memberikan reward dalam bentuk apresiasi terhadap siswa” tambahnya.

Ketua Komite SDN 23 Cubadak, Syahruddin mengapresiasi adanya kerjasama antara sekolah dan Pontren Kauman Muhammadiyah. Menurutnya, program itu akan membantu murid agar lebih terprogram dalam menghafal Al-Quran.

“Kami tertarik sekali dengan program yang disampaikan. Anak-anak akan lebih mudah menghafal. Tentunya, peran orang tua juga penting untuk mengontrol anak saat berada di rumah,” tutup Syahruddin.(*)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Iyuran Seribu Sehari Dapat Mendorong Hidup Yang Lebih Sejahtera

8 Februari 2024 - 07:10 WIB

Trending di AUM