Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

Berita · 4 Jul 2023 21:50 WIB ·

Seminar Lingkungan Hidup di UM Sumbar, Muhammadiyah Sumbar Serukan Aksi Penghijauan Alam hingga Edukasi Cinta Lingkungan


 Seminar lingkungan hidup di UM Sumbar. (Dok.PWM Sumbar) Perbesar

Seminar lingkungan hidup di UM Sumbar. (Dok.PWM Sumbar)

PADANG – Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) menggelar seminar lingkungan hidup, Selasa (4/7/2023). Kegiatan yang digagas Fakultas Kehutanan UM Sumbar dengan tema Invest in Our Planet itu bertujuan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiah (PWM) Sumbar, Bakhtiar, menyambut baik kegiatan yang membahas soal kelangsungan hidup di muka bumi itu. Ia mengutip Firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al-‘Araf ayat 56 yang artinya “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”.

“Seminar ini buah dari program yang dirancang oleh Majelis Lingkungan PWM Sumbar. Isu lingkungan salah satu perhatian PWM Sumbar,” katanya.

Baca Juga:  Hargianto Dt Bagindo MNH Sosialisasikan Restorative Justice Kepada Warga Persyarikatan di Agam

Menurut dosen Ushuluddin UIN IB Padang itu, sejak dikukuhkan sekitar 4 bulan lalu, Majelis Lingkungan PWM Sumbar sudah bergerak cepat mengeksekusi sejumlah kegiatan fundamental yang salah satunya melahirkan konsep fikih tentang pengelolaan sampah bekerjasama dengan Majelis Tarjih dan Fakultas Agama Islam.

“Seminar ini langkah awal mewujudkan penghijauan kembali pada bagian pesisir pantai,” katanya.

Narasumber dalam kegiatan seminar itu antara lain, Kepala UPTD perwakilan DLH Sumbar, Desrizal, Ketua Majelis Lingkungan Hidup Sumbar, Syaifuddin Islami, Pakar Lingkungan yang juga dosen Fakultas Kehutanan UM Sumbar, Marganof dan dan keynote speaker Eni Kamal.

Selain mahasiswa, seminar juga dihadiri banyak tokoh hingga pimpinan ortom Muhammadiyah Sumbar. Hadir juga Wakil Ketua PWM Sumbar yang membidangan lingkungan, Marhadi Efendi hingga Wakil Rektor UM Sumbar, Ahmad Lahmi.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumbar Dilantik Menjadi Pendekar Muda Tapak Suci

Dalam seminar itu, Muhammadiyah meninjau isu buruknya lingkungan yang beredar di kalangan lokal, nasional hingga internasional. Para narsum juga membahas soal perumbahan iklim yang ekstrem hari ini.

Muhammadiyah mempersiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi isu-isu lingkungan. Beberapa solusi yang ditawarkan adalah melakukan penghijauah kembali, edukasi masyarakat dan lingkungan. Kemudian memasifkan gerakan cinta lingkungan. (ARA)

 

Artikel ini telah dibaca 265 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

Trending di AUM