Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

KabarMu · 28 Jun 2023 22:33 WIB ·

Lazis Muhammadiyah Salurkan Sapi Kurban ke Pelosok Kabupaten Solok


 Petugas LazisMu Kabupaten Solok, Syukri Hidayat saat melakukan pengantaran sapi kurban ke Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok.(LazisMu) Perbesar

Petugas LazisMu Kabupaten Solok, Syukri Hidayat saat melakukan pengantaran sapi kurban ke Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok.(LazisMu)

Solok – Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) kembali menyalurkan hewan kurban untuk wilayah Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Pada Idul Adha 1444 Hijriah, LazisMu menyalurkan sapi kurban sebanyak 3 ekor dari Badan Pengelola Keuangan Haji. Sapi tidak hanya disalurkan ke warga Muhammadiyah, tapi juga kepada masyarakat di daerah pelosok.

“1 ekor sapi untuk MTs Muhammadiyah Cupak. Kemudian 1 ekor untuk Masjid Sabik Aia Nagari Batu Bajanjang dan 1 ekor sapi untuk Masjid Nurul Iman Jorong Data, Nagari Garabak Data,” terang ketua Lazismu Solok, Atri Tarmizi, Rabu (28/6/2023).

Khusus daerah Jorong Data, Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok, petugas yang dipimpin Sukri bersama warga harus berjuang ekstra untuk mengantarkan sapi ke masyarakat.

Baca Juga:  Forum Musyda Tetapkan Rudi dan Munarti sebagai Ketua PDM dan PDA Mentawai Periode 2022-2027

Sulitnya medan yang dilalui, memaksa petugas harus menggiring sapi sejauh belasan kilometer dengan cara berjalan kaki. Jalan ke daerah Garabak Data masih belum bisa ditempuh mobil.

“Tidak mungkin pakai mobil, jadi harus dituntun jalan kaki. Jaraknya lebih kurang 15 kilometer,” Atri Tarmizi kepada pwmsumbar.or.id.

Sedianya, sapi bisa sampai di lokasi lebih kurang 2,5 jam. Namun di tengah perjalanan, sapi mengalami kelelahan. Petugas bahkan semalaman menggiring sapi secara perlahan.

“Tidak hanya petugas yang lelah, tapi sapi juga lelah berjalan. Bahkan, sapi tersebut hampir di potong di jalan, lantaran sudah tidak kuat berjalan,” ungkap petugas penyaluran sapi kurban LazisMu, Syukri Hidayat.

Beruntung, sapi akhirnya bisa kembali berjalan. Walau pelan, tapi akhirnya sampai di lokasi sekitar pukul 10.00 Wib, Rabu (28/6/2023). Sapi tersebut kemudian langsung dipotong masyarakat.(*)

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Asrama untuk Santri Baru Kauman Hampir Selesai

15 Februari 2024 - 15:56 WIB

Padang Panjang

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Kabar Duka, Kabid Organisasi IPM Sijunjung Zahid Rahman Meninggal Dunia

11 Februari 2024 - 08:16 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

S.St Tanamir dan Suryati terpilih sebagai ketua PRM dan PRA Muko Jalan, Tanjung Raya

9 Februari 2024 - 22:58 WIB

Trending di AUM