Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

Berita · 16 Jun 2023 22:06 WIB ·

Masuk Daerah Rawan Bencana, MDMC Sumbar Dorong Pembentukan MDMC Mentawai


 MDMC Sumbar Dorong Pembentukan MDMC Mentawai. (Dok. Portito) Perbesar

MDMC Sumbar Dorong Pembentukan MDMC Mentawai. (Dok. Portito)

MENTAWAI – Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sumatera Barat ikut menghadiri Musyawarah Daerah Terpadu ke-4 PDM dan PDA Kepulauan Mentawai, Jum’at (16/6/2023).

Keikutsertaan LRB MDMC mendampingi Wakil Ketua PWM Sumbar Drs. H. Marhadi Efendi itu tidak terlepas dari berbagai agenda penting di Kepualauan Mentawai. Salah satunya mendorong pembentukan MDMC Mentawai.

“Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah zona merah megatrus. Untuk itu perlu dibentuk MDMC yang akan menjadi motor pergerakan Muhammadiyah saat terjadi bencana,” kata Ketua MDMC PWM Sumbar, Portito.

Menurut Portito, Mentawai memang menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian bagi MDMC. Tidak hanya soal mitigasi dan penanganganan berbagai bencana, namun juga terkait syiar cahaya Islam.

Baca Juga:  Musycab ke-10 PCM dan PCA Kelarasan Mungka Berlangsung Semarak, Dihadiri Ketua PDM hingga Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota

Bahkan, sudah semenjak beberapa tahun belakangan, MDMC berkolaborasi dengan berbagai lembaga Muhammadiyah terus menggerakkan dakwah dengan menyalurkan hewan qurban untuk kalangan mualaf di Mentawai.

“Mentawai harus menjadi perhatian bersama. Selain termasuk kawasan rawan bencana, Mentawai juga menjadi daerah yang tergolong tertinggal, terluar dan terisolir. Di sini, juga banyak saudara kita yang mualaf,” cetusnya.

Hal senada disampaikan sekretaris MDMC Sumbar, Muhammad Hafiz. Menurutnya, dengan adanya MDMC mentawai, akan menjadi perpanjangan tangan dari MDMC Sumbar dalam berbagai program.

“Dengan adanya MDMC Menatawai, apapun kejadian bencana dan lainnya, bisa kita koordinasikan dengan cepat dan tepat. Kita harap menjadi perhatian dari PDM Menatawai nantinya,” tutur Hafiz.(*)

Artikel ini telah dibaca 128 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

Trending di AUM