Menu

Mode Gelap
Sukseskan Muktamar XX, Kader IMM Sumbar Siap Gebrak Palembang Audiensi HW ke UM Sumbar: Sinergi Musywil dan Milad ke-105 Aisyiyah Rekomendasikan Perbaikan Pemilu, Simak di Sini Tim MenaraMu Laporkan Pengembangan Media di Pleno PWM Pilkada Halal dan Bermartabat

Berita · 11 Jun 2023 16:13 WIB ·

Qurban bersama LRB MDMC PWM Sumbar Berkolaborasi Dengan MDMC PP Muhammadiyah dan LLHPB Aisyiyah Sumatera Barat.


 MDMC Muhammadiyah LLHPB Aisyiyah. (Dok. Pribadi) Perbesar

MDMC Muhammadiyah LLHPB Aisyiyah. (Dok. Pribadi)

PADANG – Muhammadiyah Sumbar terus memberikan perhatian bagi masyarakat di daerah pedalaman mentawai untuk ikut merasakan kebahagiaan di hari raya qurban. Program qurban bagi daerah terluar, terjauh dan terisolir (3 T) itu sudah menjadi program tahunan dari Muhammadiyah.

Program itu diusung Lembaga Resiliensi Bencana Muhammadiyah Disaster Menagement Center (MDMC) Sumbar yang berkolaborasi dengan MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah Sumatera Barat.

Ketua MDMC Sumbar, Portito menjelaskan, selama ini daerah yang tergolong 3 T dan daerah mualaf kerap luput dari perhatian saat hari raya qurban. Untuk itu, Muhammadiyah melalui MDMC hadir untuk menebar kebahagiaan.

“Jangan sampai masyarakat yang tinggal di daerah 3 T, daerah bencana dan mualaf tidak merasakan kegembiraan di hari raya qurban. Sementara di daerah perkotaan, hewan qurban melimpah,” tutur Portito, Minggu (11/6/2023).

Baca Juga:  Universiti Sains Islam Malaysia Telusuri Jejak Buya Hamka di Pontren Kauman Padang Panjang

Terpisah, Ketua MDMC PP Muhammadiyah KH. H.  Budi Setiawan, ST mengatakan, ibadah qurban adalah ibadah yang mempunyai dimensi kemanusiaan. Hal ini perlu terus disyiarkan mengingat MDMC adalah lembaga yang sangat terkait dengan semangat dan nilai kemanusiaan.

“Berqurban adalah Upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain bentuk ketaatan, berqurban juga meningkatkan rasa sosial diantara sesama kaum muslimin,” terangnya.

Sementara itu, Ketua LLHPB Aisyiyah Sumbar, Fitri Yulianis, SE, M.Si menyampaikan, LLHPB Aisyiyah Sumbar bekerjasama dengan MDMC Sumbar untuk melaksanakan qurban di daerah pelosok pedalaman mentawai.

“Program ini bentuk kepedulian sesama antar muslimin yang berkecukupan terhadap kaum muslimin di daerah 3T yang sulit terjangkau oleh pemerintah ataupun swasta,” harapnya.

Baca Juga:  Klinik Muhammadiyah Agam Segera Beroperasi di Guest House Ananda Lubuk Basung

“Kepada saudara saudara kita yang ingin berqurban tahun ini bersama saudara saudara kita di daerah 3T, maka kami siap melaksanakan dan membantu penyaluran hewan qurbannya,” tutup Fitri Yulianis.(Hafiz)

Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wirid Priodik Muhammadiyah dan Aisyiyah Bawa Perubahan Untuk Berkemajuan

25 Februari 2024 - 23:11 WIB

Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Dapat Bantuan Sembako dan Bahan Kebersihan

13 Februari 2024 - 08:52 WIB

Musywil HW Sumbar Siap Digelar di Kampus 1 UM Sumbar

12 Februari 2024 - 15:32 WIB

Isi Waktu Libur, Santri Ponpes Al Kautsar Ikuti Seminar Pendidikan

11 Februari 2024 - 22:03 WIB

Dikukuhkan, Dafri Harweli Diamanahi Jabatan Ketua FGM Sumbar

10 Februari 2024 - 20:31 WIB

LazisMu Sumbar Bantu Gina Asriani Byksad, mahasiswa Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi/D3

10 Februari 2024 - 14:32 WIB

Trending di AUM